Hebatnya Karir Bisnis Chairil Tanjung

Siapa yang tidak mengenal Chairil Tanjung, laki-laki kelahiran Jakarta, 16 Juni 1962 ini merupakan keturunan orang Batak dari Ayahnya (A. G. Tanjung) dan Ibunya orang sunda (Halimah). Ayah Chairil Tanjung merupakan seorang wartawan ketika masa Presiden Sukarno. Kehidupannya berubah ketika majalah milik ayahnya terpaksa ditutup karena dicurigai sebagai antek orde lama. Oleh karena itu Chairil Tanjung akhirnya sempat pindah ke kamar losmen dan meninggalkan rumahnya yang luas karena dijual untuk membayar hutang. Di tengah himpitan ekonomi, pendidikan merupakan prioritas di keluarganya. Chairul Tanjung berhasil lulus pada tahun 1981 dari SMA Boedi Oetomo, setelah itu melanjutkan pendidikan di UI dengan mengambil jurusan Kedokteran Gigi. Pada saat mahasiswa Chairul merupakan mahasiswa yang baik terbukti dengan penghargaannya sebagai mahasiswa teladan tingkat nasional (1984-1985).

Jalan Bisnis yang Diambil Chairul Tanjung

Bisnis adalah sebuah pilihan, Chairil Tanjung memiliki jumlah uang saku yang tidak cukup, kemudian bisnis menjadi jalan untuknya. Chairil Tanjung banyak menekuni dunia bisnis seperti berjualan buku kuliah. Kemudian ia juga sempat membuka usaha foto copy bersama temannya di kampusnya. Ia juga pernah membuka kios yang berada diĀ  Senen raya Jakarta Pusat. Kios tersebut menyediakan berbagai kebutuhan dan peralatan laboratorium dan kedokteran. Meskipun ia harus membagi antara kuliah dan bisnis akan tetapi dia masih dapat menyelesaikan kuliahnya dengan baik.

Karena darah bisnis yang lebih kental dalam dirinya akhirnya Chairul Tanjung menjemput rejekinya dengan jalan bisnis bukan sebagai dokter gigi.

Pada tahun 1987 Chairul bersama tiga orang temannya mantab mendirikan PT. Pariarti Shindutama. Modal untuk membangun bisnis ini yaitu berasal dari bank Exim sebesar 150 juta. Perusahaan ini memproduksi sepatu untuk diekspor. Kerennnya dari mereka (Chairul dan teman-temannya) adalah ketika perusahaan baru berdiri sudah langsung menerima orderan dari Itali sebanyak 160 ribu pasang sepatu. Namun karena memiliki visi yang berbeda dengan temannya, Chairul akhirnya memutuskan untuk berpisah dan mendirikan usaha sendiri. Chairul Tanjung merupakan sosok yang optimis dalam menyambut masa depan, dia mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang media yaitu Trans TV. Saat ini perusahaannya semakin maju dan berkembang.

Related posts: